Wednesday, June 12, 2013

Jenis dan Jalur Pendaftaran PPDB Surabaya 2013

Jenis PPDB Surabaya 2013 beserta Jalur Pendaftarannya | Pendaftaran PPDB Surabaya 2013 | Info Surabaya ~ Helo sobat pengunjung setia Blog Info Surabaya, senang rasanya bisa berjumpa dengan sobat sekaligus update dan berbagi info melalui ini blog yang sederhana. Kali ini admin akan berbagi wawasan singkat sepuatar PPDB Surabaya 2013 yang terfokus pada jenis dan jalur pendaftaran.

Memang ada berapa sih Jenis PPDB Surabaya itu..? dan apa aja sih Jalur PPDB Surabaya ntu min..? PPDB Surabaya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu PPDB Online (PPDB yang cara pendaftarannya dilakukan secara online) dan PPDB Offline (PPDB yang cara pendaftarannya dilakukan secara langsung datang ke pihak sekolahan terkait / Dinas Pendidikan).

Dari kedua jenis PPDB yang telah disebutkan diatas terdapat berbagai macam jalur pendaftaran. Untuk Jenis PPDB Online terbagi menjadi 8 jalur, yaitu : Jalur Umum Dalam Kota, Jalur Umum Mutasi, Jalur Umum Rekomendasi Dalam Kota, Jalur Umum Luar Kota, Jalur Sekolah Kawasan Dalam Kota, Jalur Sekolah Kawasan Mutasi, Jalur Sekolah Kawasan Rekomendasi Dalam Kota, dan Jalur Sekolah Kawasan Luar Kota. Sedangkan untuk Jenis PPDB Offline terdapat 6 jalur yang bisa dipilih, yaitu: Jalur Mitra Warga, Jalur Prestasi Olahraga, Jalur Prestasi Akademis, Jalur Prestasi Non Akademis, Jalur Inklusif, dan Jalur Satu Lokasi.Nahhh,, berikut ini penjelasan singkatnya.

Jenis dan Jalur Pendaftaran PPDB Surabaya 2013

Jalur Pendaftaran PPDB Online

  1. PPDB Jalur Umum Dalam Kota adalah Pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur umum dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).
  2. PPDB Jalur Umum Mutasi adalah pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur umum dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dimana yang bersangkutan tidak termasuk dalam pagu 1%.
  3. PPDB Jalur Umum Rekomendasi Dalam Kota adalah Pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur umum tetapi bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
  4. PPDB Jalur Umum Luar Kota adalah pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur umum dan bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
  5. PPDB Jalur Sekolah Kawasan Dalam Kota adalah Pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur sekolah kawasan dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).
  6. PPDB Jalur Sekolah Kawasan Mutasi dan Tahun Lalu adalah  pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur sekolah kawasan dan merupakan warga Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dimana yang bersangkutan tidak termasuk dalam pagu 1%. Calon peserta didik tamatan Surabaya sebelum tahun 2013 juga termasuk dalam kategori mutasi.
  7. PPDB Jalur Sekolah Kawasan Rekomendasi Dalam Kota adalah Pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur sekolah kawasan tetapi bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
  8. PPDB Jalur Sekolah Kawasan Luar Kota adalah pendaftaran calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar Wilayah Kota Surabaya menuju sekolah negeri yang termasuk dalam sub rayon jalur sekolah kawasan dan bukan warga Surabaya. Pagu yang tersedia adalah 1% baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.

Jalur Pendaftaran PPDB Offline

  1. PPDB Jalur Mitra Warga adalah pendaftaran calon peserta didik (kurang mampu) yang digelar atas kerja sama Dinas Pendidikan Kota Surabaya dengan kecamatan dan kelurahan setempat dengan syarat harus menunjukkan fotokopi surat keterangan miskin (SKM) dengan menunjukkan aslinya. Serta melampirkan fotokopi KK Kota Surabaya dengan menunjukkan aslinya.
  2. PPDB Jalur Prestasi Olahraga adalah pendaftaran calon peserta didik melalui Dinas Pendidikan dengan syarat tambahan harus melampirkan fotocopy Sertifikat Kejuaraan yang dilegalisir oleh KONI dengan menunjukkan aslinya; fotocopy Sertifikat O2SN, POPDA dan POR yang dimiliki dengan menunjukkan aslinya; dan KK Kota Surabaya.
  3. PPDB Jalur Prestasi Akademis adalah jalur pendaftaran bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademis individu (bukan kelompok) dan melampirkan fotocopy Sertifikat Kejuaraan yang dimiliki dengan menunjukkan aslinya, juga fotocopy KK Kota Surabaya dengan menunjukkan aslinya.
  4. PPDB Jalur Prestasi Non Akademis adalah -+ sama dengan Jalur Prestasi Akademis. Jika JPA sertifikat / juara yang diraih diadakan oleh Kemendikbud. Sedangkan untuk JPAN sertifikat / juara yang diraih diadakan selain Kemendikbud.
  5. PPDB Jalur Inklusif adalah jalur pendaftaran bagi calon peserta didik berkebutuhan khusus. Daftar SDN, SMPN, SMAN, SMKN Pelaksana Program Inklusif PPDB Surabaya 2013.
  6. PPDB Jalur Satu Lokasi adalah jalur pendaftaran bagi calon peserta didik yang satu lokasi dengan sekolahan berikut ini :
  • SMP Negeri 28 dengan SDN Lidah Wetan II
  • SMP Negeri 44 dengan SDN Sidotopo IV
  • SMP Negeri 45 dengan SDN Mulyorejo I
  • SMP Negeri 46 dengan SDN Pakis VIII
  • SMP Negeri 47 dengan SDN Manukan Wetan IV
  • SMP Negeri 48 dengan SDN Ngagel Rejo V
  • SMP Negeri 50 dengan SDN Sukomanunggal I
  • SMP Negeri 51 dengan SDN Balasklumprik I
  • SMP Negeri 52 dengan SDN Medokan Semampir I
Selengkapnya mengenai jenis dan jalur beserta syarat dan ketentuannya sobat bisa mengunjungi Situs Resmi PPDB Surabaya (ppdbsurabaya.net). Untuk tanya jawab sobat bisa bergabung di Forum Tanya Jawab PPDB Surabaya (forum.ppdbsurabaya.net).

Itulah tadi info terbaru tentang Jenis dan Jalur Pendaftaran PPDB Surabaya 2013 yang bisa admin Blog Info Surabaya sajikan. Semoga ada guna dan manfaat yang bisa diambil. Wassalam