Monumen Bahari Surabaya | Info n Sejarah Singkat

Monumen Bahari Surabaya | Info Surabaya ~ sebelumnya : Monumen Kapal Selam Surabaya.

Monumen Bahari Surabaya

Sejarah Singkat Monumen Bahari Surabaya

Kota Surabaya selain terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan juga dikenal sebagai basis TNI Angkatan Laut Republik Indonesia. Komando Pendidikan Angkatan Laut dan Komando Armada Timur TNI AL juga berlokasi di Surabaya.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasa para prajurit yang gugur dalam membela kemerdekaan Negara Indonesia, bisa kita temui beberapa monumen berdiri megah di kota ini. Salah satunya adalah Monumen Bahari.

Monumen Bahari terletak tepat di depan Museum Mpu Tantular, disudut antara jalan Raya Diponegoro dan Raya Darmo di wilayah Surabaya Selatan yang didirikan oleh Angkatan Laut Republik Indonesia untuk memperingati jasa-jasa para prajuritnya yang gugur dalam membela kemerdekaan negara Indonesia.

Monumen Bahari Surabaya dibangun pada tahun 1968 dan dikerjakan oleh seniman pahat dari Yogyakarta. Monumen ini merupakan bukti kuat akan identitas kota Surabaya sebagai kota bahari dan sekaligus menggambarkan kekuatan dan kejayaan TNI Angkatan Laut.

Monumen berwujud patung seorang pelaut yang perkasa dengan badan yang kuat dan otot yang menonjol mengangkat jangkar dengan gagah. Patung ditopang pada kubus yang dilapisi dengan marmer kuning muda berkembang-kembang coklat muda. Pada bagian depan diletakkan simbol TNI Angkatan Laut, sedangkan di sebelah kanan terdapat relief kapal-kapal sebagai kekuatan Armada dan disebelah kiri terdapat relief pendaratan sebagai gambaran keperkasaan prajurit Marinir.

Itulah tadi posting singkat tentang Monumen Bahari Surabaya. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya. Wassalam.