Saturday, September 14, 2019

Daftar Stasiun Kereta Api di Surabaya

Seperti kita ketahui bersama, selain adanya terminal penumpang, bandara, dan pelabuhan, untuk mendukung kelancaran laju transportasi di Kota Surabaya terdapat pula jalur perkeretaapian Indonesia yang menghubungkan wilayah Timur Pulau Jawa sampai dengan wilayah Barat Jawa.

Adapun untuk pengelolaan jaringan jalan kereta api di wilayah Surabaya dikelola oleh Daerah Operasi VIII (disingkat Daop 8 Surabaya atau Daop VIII SB) yang tidak lain merupakan pusat dari jaringan kereta api wilayah Timur Jawa.

Daftar Stasiun Kereta Api di Surabaya

Untuk saat ini, stasiun kereta api terbesar di Surabaya adalah stasiun Gubeng, disusul stasiun Pasar Turi. Stasiun Gubeng merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan kereta api di Kota Surabaya yang melewati jalur selatan maupun timur Kota Surabaya, sedangkan stasiun Pasar Turi merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan utama kereta api yang melalui jalur pantura Pulau Jawa.

Berikut ini adalah daftar stasiun kereta api di Kota Surabaya.
StasiunKelas
GubengBesar A
Pasar TuriBesar A
Surabaya Kota/SemutBesar B
Wonokromo1
Tandes3
Kandangan3
Benowo3
Perlu diketahui, daftar stasiun kereta api yang mimin sebutkan di atas merupakan stasiun kereta api penumpang. Untuk stasiun khusus bongkar muat barang atau perawatan kereta di Surabaya, misalnya ada stasiun kereta api Kalimas atau stasiun Sidotopo, dan beberap stasiun lainnya.

Selain beberapa stasiun kereta api di atas, disediakan pula halte/shelter penumpang guna mendukung operasi kereta api komuter yang melayani perjalanan Surabaya - Sidoarjo, di ataranya terdapat di Ngagel, Margosari, Jemursari, dan Menanggal.

Referensi:
surabaya.go.id
id.wikipedia.org
ppid.dephub.go.id/files/dataka/BI_Final_RevMei.pdf

Lihat juga posting menarik sebelumnya, Stasiun Radio Surabaya dan PDAM Kota Surabaya.

Itulah tadi posting singkat tentang Kereta Api Surabaya. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya.