Monday, September 9, 2019

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya | Cek Tagihan PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum atau kita lebih sering mengenal singkatannya PDAM merupakan unit usaha yang bergerak dalam pendistribusian air bersih bagi masyarakat umum di bawah naungan pemerintah daerah.

Info PDAM Kota Surabaya

Sejarah Singkat

Merujuk pada website PDAM Surabaya "pdam-sby.go.id", pendistribusian air bersih bagi masyarakat di Kota Surabaya dikelola oleh PDAM Surya Sembada. Berdirinya PDAM Surya Sembada Kota Surabaya merupakan peninggalan jaman Belanda. Penyediaan air minum bersih untuk Kota Surabaya pertama kali diperoleh dari sumber mata air Desa Purut - Kab. Pasuruan yang diangkut menggunakan Kereta Api pada tahun 1890.

Melihat keterangan di website Wikipedia, Pemerintah Penjajahan Hindia Belanda di Surabaya, tahun 1890, memberikan hak konsesi kepada pengusaha Belanda warga Kota Surabaya, Mouner dan Bernie, yang dinilai berjasa merintis penyediaan air bersih di Surabaya. Konsesi ini berupa pengelolaan mata air Umbulan, Pasuruan, untuk dialirkan ke Kota Surabaya dengan memasang pipa sepanjang 20 kilometer selama dua tahun. Berawal dari perusahaan air minum inilah kini menjadi PDAM Surya Sembada dan dikelola oleh pemerintah daerah.

Mata air Umbulan sendiri merupakan sebuah mata air yang terdapat di Desa Umbulan, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan. Letaknya kurang lebih sekitar 72 kilometer dari Kota Surabaya. Adapun debit air Umbulan mencapai sekitar 4600 liter/detik, itupun dari pemanfaatan yang masih sekitar 10 persen mata air. Saat ini, sedang dibangun sebuah jaringan pemasok air minum yang akan dialirkan untuk Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan wilayah Gresik.

Kontak PDAM Surabaya

AlamatJl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo 2, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya 60131
Telepon031 5039373
Faks031 5030100
Call center031 2926666
Call center0800 192 6666 (bebas pulsa)
SMS/WA08123316666
Emailhumas@pdam-sby.go.id
Facebook@pdam.suryasembada
Twitter@pdamsurabaya
Websitepdam-sby.go.id
Untuk mendapatkan info terbaru, terkini, dan pastinya tidak simpang siur terkait PDAM Kota Surabaya, sobat bisa langsung mengunjungi website resmi yang sudah mimin sebutkan di atas atau mengikuti medsos resminya. Selain itu, melalui "pdam-sby.go.id" sobat juga bisa mengetahui event, karir di PDAM Surabaya, atau menyampaikan saran maupun keluhan terkait pelayanan PDAM secara online.

Cek Tagihan PDAM Surabaya

Bagi pelanggan PDAM Kota Surabaya yang ingin mengetahui jumlah tagihan rekening yang harus dibayar pada PDAM sekarang ini cukup mudah, sobat bisa mengecek tagihan PDAM langsung secara online melalui website info.pdam.surabaya.go.id.

Setelah mengunjungi laman tersebut, sobat tinggal memasukkan nomor rekening PDAM sobat dan periode yang akan dilihat, misalnya 201909 untuk mengecek tagihan PDAM bulan September tahun 2019. Selanjutnya, isikan kode captcha yang muncul, lalu klik tombol lihat.

Kurang lebih seperti ini pratinjau aplikasi berbasis website-nya.

Cek Tagihan PDAM Surabaya

Selain cek tagihan PDAM melalui website, sobat juga bisa melakukan pengecekan tagihan rekening PDAM menggunakan aplikasi berbasis android yang sudah disediakan pihak PDAM Surabaya. Silakan langsung cek atau unduh via Google Play Store di sini.

Pada aplikasi tersebut sobat juga bisa menikmati berbagi layanan PDAM Surabaya, misalnya mencatat meteran PDAM sobat sendiri secara mandiri, melihat grafik pemakaian perbulan, atau menyampaikan keluhan pelanggan seperti halnya layanan PDAM yang terdapat di websitenya.

Pembayaran Tagihan PDAM Surabaya

Dalam melakukan pembayaran tagihan rekening PDAM Kota Surabaya, pelanggan bisa memilih berbagai alternatif yang sudah disiapkan PDAM Surya Sembada.

Sobat pelanggan PDAM bisa langsung membayar tagihan PDAM melalui loket-loket pembayaran yang sudah disiapkan pihak PDAM misalnya, melalui E-Channel (ATM, SMS banking, phone banking, internet banking, teller, mobile banking) yang sudah bekerja sama dengan PDAM, gerai Indomaret, Alfamart, Pegadaian, Kantor Pos, dan masih banyak lagi (lihat di sini).

Referensi:
Lihat juga posting bermanfaat sebelumnya, Kantor dan Mitra Penjualan Tiket Pelni Surabaya.

Itulah tadi posting singkat tentang PDAM Surabaya. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya.