Monday, June 1, 2020

Portofolio SBMPTN 2020 | Prodi, Isi, Format, dan Jumlahnya

InSurabaya ~ Pada posting kali ini, mimin akan berbagi info tentang beberapa hal penting terkait dengan portofolio SBMPTN 2020.

Sebagai tambahan wawasan, sebelum membahas tentang portofolio SBMPTN, berikut mimin sertakan pula definisi portofolio dalam dunia pendidikan yang mimin kutipkan dari Wikipedia dan KBBI.

Portfolio dalam dunia pendidikan adalah sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya. Ada beraneka portfolio mulai dari rapor / ijasah hingga dokumen-dokumen lainnya seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan lain-lain sebagai bukti pencapaian hasil atas suatu pendidikan atau kursus. Portfolio ini sangat berguna untuk akreditasi pengalaman seseorang, pencarian kerja, melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikat kompetensi, dan lain-lain. (https://id.wikipedia.org/wiki/Portofolio)

Dalam KBBI Kemdikbud dijelaskan, portofolio merupakan kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/portofolio)

Petunjuk Umum Portofolio SBMPTN dan SNMPTN
Petunjuk portofolio (snmptn.ac.id)

Portofolio SBMPTN 2020

Khusus untuk pendaftar Prodi bidang Seni dan Olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2020. Jenis Portofolio SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Portofolio Olahraga
  2. Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  3. Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
  4. Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
  5. Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
  6. Portofolio Seni Karawitan
  7. Portofolio Etnomusikologi
  8. Portofolio Fotografi
  9. Portofolio Film dan Televisi
  10. Portofolio Seni Pedalangan
Apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT - ltmpt.ac.id.

Berapa jumlah portofolio yang harus disiapkan oleh pendaftar Prodi Seni dan Olahraga? Peserta hanya wajib mengunggah 1 (satu) jenis portofolio sesuai ketentuan program studi/jurusan di PTN pilihannya:

Peserta yang memilih jurusan sendratasik, yang terdiri dari Pendidikan Sendratasik (opsi Tari), Pendidikan Sendratasik (opsi Musik), atau Pendidikan Sendratasik (opsi Teater), diwajibkan untuk menggunggah 1 (satu) jenis portofolio sesuai opsi yang dipilihnya.

Tambahan opsi diberikan untuk peserta yang memilih jurusan Sendratasik Universitas Syiah Kuala yaitu adanya Pendidikan Sendratasik (opsi Seni Rupa).

Contoh: Peserta yang memilih program studi/jurusan sendratasik opsi Tari harus mengunggah portofolio Tari.

Jika peserta memilih 2 (dua) opsi program studi/jurusan yang berbeda, maka peserta wajib mengunggah 1 jenis portofolio untuk setiap pilihan prodi/jurusan sesuai dengan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum. Hal tersebut juga berlaku bagi peserta yang memilih 2 (dua) opsi program studi/jurusan Sendratasik yang berbeda.

Contoh:
  1. Peserta memilih prodi/jurusan olahraga (pilihan 1) dan film-televisi (pilihan 2), maka peserta wajib mengunggah 2 (dua) jenis portofolio berbeda yaitu portofolio Olahraga (untuk pilihan 1) dan portofolio portofolio film-televisi (untuk pilihan 2).
  2. Peserta memilih program studi/jurusan Sendratasik opsi Musik (pilihan 1) dan opsi Tari (pilihan 2), maka peserta wajib mengunggah 2 (dua) jenis portofolio berbeda yaitu portofolio Musik (untuk pilihan 1) dan portofolio Tari (untuk pilihan 2).
Untuk peserta yang mendaftar ke Program Studi Pendidikan Sendratasik UNIVERSITAS SYIAH KUALA, opsi pilihan kelompok portofolio terdiri atas Portofolio Seni Tari, Portofolio Seni Musik, SERTA Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya. 

Isi dan Format Portofolio SBMPTN

Untuk isi dan format portofolio SBMPTN silakan sobat baca langsung pada Petunjuk Umum Portofolio Bidang Seni Dan Olahraga SNMPTN-SBMPTN 2020 yang sebelumnya sudah dipublikasikan dalam bentuk dokumen format pdf di laman snmptn.ac.id (klik di sini)

Pratinjau dokumen
Pratinjau petunjuk umum portofolio SBMPTN

Info terbaru dan selengkapnya mengenai kegiatan UTBK SBMPTN 2020 bisa dilihat langsung melalui website resmi LTMPT - ltmpt.ac.id.

Baca juga info bermanfaat sebelumnya tentang SBMPTN Kemenpar 2020.

Itulah tadi posting singkat tentang info Portofolio SBMPTN 2020. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya.