Monday, June 1, 2020

KIP Kuliah Kemdikbud | Cara Daftar, Jadwal, Syarat, Manfaat, dan Alur Pendaftarannya

InSurabaya ~ Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi melalui Program Indonesia Pintar (PIP) berupa bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas.

Program Indonesia Pintar (PIP) sendiri merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. 

Seperti dijelaskan dalam Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020, pemerintah akan mentargetkan 400.000 penerima baru KIP Kuliah untuk tahun 2020. Selain itu KIP Kuliah juga akan lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi.

Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2020
Pedoman pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020 (kip-kuliah.kemdikbud.go.id)

Cara Daftar KIP Kuliah

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk PTN (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman resmi KIP Kuliah dengan alamat link - kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Alternatif lain, pendaftaran KIP Kuliah juga dapat dilakukan melalui mobile apps berbasis android. Sobat bisa mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi KIP Kuliah di Google Play Store lalu melakukan pendaftaran.

Persyaratan KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  • Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Manfaat KIP Kuliah

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan jika mempunyai KIP Kuliah.

Keunggulan penerima KIP Kuliah

  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masingmasing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos);
  • Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi;
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan
  • dan masih banyak lagi

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Bagi sobat yang berencana ingin mempunyai KIP Kuliah, jangan lupa catat tanggal-taggal penting berikut terkait jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2020.
KegiatanDibukaDitutup
Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah26 Februari 202031 Oktober 2020
KIP Kuliah SNMPTN02 Maret 202031 Maret 2020
KIP Kuliah Seleksi Mandiri18 Mei 202030 September 2020
KIP Kuliah SNMPN25 Februari 202013 Maret 2020
KIP Kuliah UTBK-SBMPTN18 Mei 202019 Juni 2020
KIP Kuliah SBMPN18 Mei 202024 Juni 2020
* Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah

Alur Pendaftaran KIP Kuliah

Alur pendaftaran KIP Kuliah 2020
Alur pendaftaran KIP Kuliah 2020 (klik gambar untuk ukuran asli)

Info terbaru dan selengkapnya mengenai KIP Kuliah Kemdikbud bisa dilihat langsung melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Jangan lupa, baca juga buku pedoman pendaftarn KIP Kuliah 2020 yang sudah dipublikasikan oleh Kemdikbud di sini.

Lihat juga info bermanfaat sebelumnya tentang Portofolio SBMPTN 2020.

Itulah tadi posting singkat tentang info KIP Kuliah 2020. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya.