Thursday, October 17, 2013

Alamat, Telepon, Jurusan SMKN 2 Surabaya + Sejarah Singkat

Sejarah Singkat SMKN 2 Surabaya


Didirikan pada masa penjajahan Belanda sekitar satu abad yang lalu, SMK Negeri 2 Surabaya merupakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tertua di Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur.

Pembukaan resmi Sekolah pada tanggal 2 Juli 1912 oleh Resident Surabaya, sedangkan keputusan tanggal 11 Februari 1913 ditentukan bahwa Sekolah Teknik Surabaya dinamakan Koningin Emma School (K.E.S) dengan lama pelajaran 5 tahun.

Pada masa awal berdirinya sampai tahun 1942, ketika Indonesia masih dalam penjajahan Belanda, SMKN 2 bernama KES (Koningin Emma School)  menyediakan dua jurusan, yaitu Teknik Bangunan dan Masinis dengan lima tahun masa belajar.

Setelah kepemerintahan berada dalam kekuasaan Jepang, beberapa sekolah Belanda ditutup, sekolah KES diganti nama menjadi Kogyo Ghakko setingkat SLTP dengan lama pendidikan 4 tahun (ST 4 tahun). Pada tahun 1944 didirikan lanjutannya setingkat SLTA yaitu Kogyo Senmon Gakko lama pendidikan 2 tahun (STM)

Pada saat Belanda menguasai kembali Indonesia, Sekolah ini bernama MTS (Middlebare Technische School) atau disebut STM 4 tahun. Middelbare Technische School (MTS) pada tahun 1953 menjadi Sekolah Teknik Menengah (STM) Negeri dengan lama pendidikan 4 tahun atau disebut STM 4 tahun..

Kemudian sesuai dengan Keputusan Mendikbud, sekarang berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada masa perjuangan mempertahanan Kemerdekaan Republik Indonesia, tempat ini pernah digunakan sebagai Markas Tentara Pelajar.

Untuk lebih lengkapnya mengenai sejarah SMKN 2 Surabaya, sobat bisa membaca kaleidoskop (sebuah catatan tentang kejadian-kejadian yang pernah terjadi yang disajikan secara singkat) yang diluncurkan bersamaan dengan Peringatan Dies Natalis 100 Th Gedung SMK Negeri 2 Surabaya disini.

Alamat, Telepon, Jurusan, Sejarah Singkat SMKN 2 Surabaya


Profil SMKN 2 Surabaya



Nama SekolahSMKN 2 SURABAYA
AlamatJl. Tentara Genie Pelajar (PATUA) No. 26, Patemon, Sawahan, Surabaya, Indonesia 60252
NPSN20532203
Telp031-5343708
Fax031-5475376
Emailsmkn2@sby.centrin.net.id
Websitehttp://smkn2sby.sch.id

Jurusan/Program Keahlian di SMKN 2 Surabaya


KompetensiAkreditasi
Teknik Kendaraan RinganA
Teknik PemesinanA
Teknik Instalasi Tenaga ListrikA
Teknik Kontruksi KayuA
AnimasiA
Rekayasa perangkat lunakA
Teknik komputer dan jaringanA
Teknik Audio-VideoB
Teknik Gambar Bangunan
Teknik Sepeda Motor

Selain beberapa jurusan di atas, SMKN 2 juga mempunyai program unggulan (nonkurikuler), yaitu Pramuka dan Pencak Silat Perisai Diri.

Kebanggaan tersendiri dari SMKN 2 Surabaya adalah hasil karya para peserta didiknya, yakni Mobil Esemka.

Lihat juga informasi tentang SMKN 1 Surabaya.

Itulah tadi posting singkat tentang SMK Negeri 2 Surabaya. Semoga ada guna yang bisa diambil dan menjadi informasi yang bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan membaca posting di Blog Info Surabaya.